Sabtu, 07 Desember 2019
3,5 Tahun Drs.Nikson Nababan Sebagai Bupati Tapanuli Utara,Ini Hasilnya......
Kamis, 07 Desember 2017 23:31 WIB

Karya Tulis : Bagi Insan Pers yang bertugas di Kabupaten Tapanuli Utara 2017.

Oleh : Gompang Gultom ( ka.Media Sekolah Taput)

Bagaimana Nikson Nababan 3 tahun lebih  sebagai Bupati Taput ?.....Mari kita bahas hingga tuntas berdasarkan fakta.Nikson Nababan dalam memimpin,berkaca dari kepemimpinan tahun-tahun sebelumnya,yang menjadi introfeksi diri dalam berkarya demi kemajuan pendidikan, kesehatan, pertanian termasuk pembangunan lainnya.Seiring dengan itu perkembangan dalam pendidikan, kesehatan, pembangunan intrastruktur dan juga pengembangan daerah wisata lainnya bagian dari kejayaan dan kemakmuran masyarakat Tapanuli Utara di tiga tahun terakhir ini.

Tidaklah berlebihan jika perubahan yang kita maksudkan dalam kepemimpinan Nikson Nababan membawa terobosan baru dalam mengangkat jati diri Tapanuli Utara kedalam “Tujuh Janji Menuju Tapanuli Utara Sejahtera”. Dengan demikian dapat dikatakan ke tujuh janji tersebut direalisasikan dengan berbagai dekadensi semangat kerja keras dalam mewujudkan langkah yang pasti menuju perubahan, kehidupan masyarakat dan penataan diberbagai dimensi pembangunan di desa dan kecamatan. Hal ini dilakukan adalah untuk mewujudkan arah dan gerak dalam menjadikan Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas serta Daerah Wisata.

Rabu 16-04-2014 hingga sekarang desember 2017,sudah 3,5 tahun kepemimpinan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan mengemban tugas. Sopo Partukkoan Tarutung menjadi saksi saat pasangan Nikson Nababan dilantik oleh Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho kala itu. Bertitik tolak dari itu maka kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan sebagai perbandingan  dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi pemerintahan Kab Tapanuli Utara. Kepemimpinan Nikson nababan untuk menyakinkan apa yang dipimpimnya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembannya untuk mencapai tujuan mulia yaitu Menuju Lumbung Pangan dan Lumbung Sumber Daya Manusia yang Berkualitas serta Daerah Wisata dengan mengawali pembenahan struktur yang visioner,tangguh dan bersemangat.Tidak mau jatuh dilubang yang sama,Nikson merekut pejabat struktural atau eselon untuk Satuan Kerja Pemerintah Daerah ( SKPD) ataupun fungsional di dinas pendidikan  dengan “Fit and Proper Test”. Harapanya dan tujuannya jelas,supaya tiap satuan punya kemampuan yang mumpuni di bidangnya,mantap dong pak bupati...ini pertama kalinya di taput.

 “Saya datang ke tapanuli utara ingin membangun,tidak yang lain,jadi saya harap mohon dukungan masyarakat”,ujar nikson sebelum bupati.

Ucapan nikson sebelum bupati tidaklah berlebihan atau tidak beralasan,sebab tapanuli utara kaya akan Sumber Daya Manusia yang bisa di berdayakan dan Sumber Daya Alam yang melimpah siap di olah.Ucapan nikson itu sudah berlalu hampir 3,5 tahun.Penulis berani mengatakan bahwa sejak Drs.Nikson Nababan menjabat sebagai bupati,masyarakat sudah merasakan perubahan itu,sudah merasakan kehadiran pemerintah diberbagai sendi sendi kehidupan, artinya ucapan nikson itu diwujud-nyatakan . Dapat dipahami bahwa nikson nababan dalam menjalankan kepemimpinannya tidak hanya terbatas pada kemampuannya dalam melaksanakan program-program saja, tetapi dia lebih dari itu,nikson mampu  melibatkan seluruh lapisan organisasinya, anggotanya, masyarakatnya untuk ikut berperan aktif membangun sehingga mampu memberikan konstribusi yang positif dalam usaha untuk mencapai  tujuan bersama. Nilai-nilai positif yang dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat dengan kepemimpinan di 3,5 tahun terakhir ini dengan pengontroloan dari setiap kinerja Satuan Kerja Daerah ( SKPD) agar capaian capaian hasil kerja seperti yang kita lihat bersama nyata dan terbukti.

”3 Tahun Drs.Nikson Nababan Sebagai Bupati Tapanuli Utara,Ini Hasilnya’’akan saya urai di berbagai bidang yang semuanya disertai bukti yang faktual.

Pendidikan

Pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara mulai dari TK, SD, SMP Negeri dan Swasta telah nampak kemajuannya hal ini dibuktikan dari prestasi yang dicapai baik dalam prestasi akademik, olah raga dan perestasi lainnya. Hal lain dari itu juga pendidikan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat sekitarnya dengan Visi dan Misi Pemerintah yang dicanangkan dengan “Pendidikan Gratis”. Sebelumnya tingkat SMA/SMK Negeri ataupun swasta juga gratis oleh kebijakan nikson nababan,tetapi dengan peraturan pemerintah tentang pembagian kewenangan tinkat SMA/SMK ke provinsi,otomatis segala sesuatunya sudah menjadi kewenangan provinsi. Itu berarti antusiasme dari pemerintah  dalam hal ini Nikson nababan kebijakan untuk kemajuan pendidikan dan sebagai responsif dari setiap keluhan warga masyarakat selama ini,jelas berbeda dengan respon pemimpin tahun-tahun sebelumnya. Termasuk bantuan-bantuan lainnya sarana dan prasarana, mobiler untuk pendidikan selalu ditingkatkan tanpa terkecuali secara merata.

Ditangan Nikson nababan kemajuan pendidikan ini dapat juga dilihat dengan fenomena sekolah-sekolah unggulan di tingkat  SD, SMP dan sebelumnya SMA/SMK yang efeknya semakin menambah kompetitif nilai akademik anak didik dan guru. Semuanya ini bertujuan untuk mendelegasikan kemajuan pendidikan tersebut melalui stakeholder mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi, kaitannya dengan banyaknya jumlah para lulusan SMA/SMK Negeri dan dan Swasta yang masuk ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri di berbagai Kota di Indonesia, mulai dari jaluar undangan, Prestasi dan Ujian bersama. Semua fenomena ini harus disyukuri sebab dengan terlaksanakan pendidikan yang baik maka para masyarakat secara khusus dan pemerintah pada umumnya Daerah Tapanuli Utara setingkat  lebih maju dan dapat setarap dengan Kabupaten-Kabupaten lainnya yang ada di nusantara ini.

Pendidikan gratis adalah bukan sesuatu hal yang baru akan tetapi yang patut disyukuri dari pendidikan ini adalah bagaimana proses itu berjalan lancar demi kemajuan dan demi peningkatan pendidikan kaitannya dengan Sumber Daya Manusia. Pendidikan gratis sebagaimana yang terdapat dalam tingkat satuan pendidikan antara lain : SD, SMP, dan tingkat SMA/SMK sewaktu dibawah naungan bupati Tapanuli Utara.Ditambah dengan bantuan lainnya yang bersifat relatif seperti DKM atau yang kita sebut dengan sejenis BIDIK MISI. Melalui persyaratan dan dokumen yang valid sesuai dengan prosedur yang ada. Hal ini sesuai dengan data yang penulis peroleh : Biaya sekolah SD,SMP sampai SMA gratis, pemberian beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi,rencana pembangunan 2 SMA/SMK  Negeri baru (Dokumen sudah disetujui dan diteruskan ke pusat serta provinsi),program SMP dan SD unggulan di setiap Kecamatan .Bisa disimpulkan dengan gratisnya pendidikan otomatis orang tua tidak lagi terbebani dengan biaya sekolah,tidak ada lagi alasan tidak ada biaya sekolah,semua sudah digratiskan.Pokoknya guru tidak boleh lagi sembarangan membebani anak didik dengan kutipan liar,ketahuan...hmmm....siap siap menerima hukuman,nikson memang tegas soal itu.

Sebagai pendorong dan motivasi bagi siswa berprestasi,sebagai aksi reaksi yang membangun,Bupati Nikson Nababan beserta Ketua TP PKK tapanuli Utara Satika Simamora  memberikan beasiswa kepada siswa dan Mahasiswa berprestasi.Seperti Juara OSN tingkat provinsi Sumatera Utara dan berbagai juara lainya yang diraih anak anak tapanuli utara tingkat provinsi dan tingkat nasional baik akademik dan non akademik.

Kriteria pemimpin dipercaya dan lugas,bisa merespon apa yang menjadi keinginan bagi guru honor,karena selama ini persoalan honor disekolah adalah persoalan kronis yang tidak ada jalan keluar dan bertele tele.Kehadiran honor di sekolah sekolah di tapanuli utara harus diakui sangat penting,artinya tanpa honor proses belajar mengajar pasti tidak berjalan.Untuk itu,mengingat Juklak dan Juknis Penggunaan dana BOS,yang hanya bisa menggunakan 15% dari dana BOS,disinilah kehadiran pemerintah kabupaten tapanuli utara merespon dengan mengeluarkan SK Penugasan bagi 1639 guru honor tingkat SD dan SMP,sebagai payung hukum anggaran daerah untuk honorer.Selain pemberian SK Penugasan,pemerintah juga memberikan stimulan bagi guru honor sebesar Rp 300.000/bulan plus di desa sangat terpencil,mantap pak bupati.....gitu dong ada perhatian,sekecil apapun itu,sudah sangat berarti bagi guru honor walaupun nilai ekononimya tidak seberapa.

“Kami sangat gembira dengan SK Penugasan guru honor,dengan ini kami bisa mengurus NUPTK,trims bapak Nikson Nababan”,ujar br silitonga salah satu guru honor di kec sipahutar saat hari jadi taput ke-72 oktober silam.

Selain pendidikan Formal,non formal juga mendapat perhatian serius seperti Fukerinja.Kejasama Pemerintah kabupaten tapanuli utara oleh Drs.Nikson Nababan dengan pemerintah Jepang. LPK Forum Umum Kerjasama Rakyat Indonesia-Jepang (FUKERINJA), di Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang, Sipoholon dan banyak lagi terobosan-terobosan nikson.Walaupun begitu,bukan berarti sudah sempurna...belum...masih banyak yang masih perlu dibenahi di bidang pendidikan khususnya di tapanuli utara,ayo pak lanjutkan !!!!.

Infrastrukur

Tapanuli Utara yang keberadaannya terdiri dari 15 Kecamatan dengan 241 desa dan 11 kelurahan, yang semuanya berada dalam pengawasan Pemerintah Tapanuli Utara untuk dikembangkan dari berbagai macam dan perkembangan kehidupan masyarakat .Kita tau,walau sudah 72 Tahun indonesia merdeka,kabupaten tapanuli utara belum lepas dari keterisolasian,banyaknya desa dan dusun yang belum bisa di tembus kendaraan roda empat,seperti di kec parmonangan,pahae,pangaribuan,garoga dan adian koting.Mengingat keterbatasan biaya APBD taput yang tidak seberapa,mensiasati itu,nikson lobbi pemerintah pusat. Nikson memang  layak di disebut “Sang Inisitor”,karena hasil kejelian nikson melobbi pemerintah pusat,APBD Taput mengalami peningkatan hampir 85 %.Nikson ingin semua desa dan dusun terkoneksi fasilitas jalan serta setiap pembangunan jalan yang sebelumnya lapen,kini semua harus dengan kualitas hotmix.Supaya konektivitas antar desa dan membuka jalan desa yang terisolasi,bupati Nikson melalui dinas PUK membeli alat berat seperti excavator dan dozer untuk pembukaan jalan.Langkah yang ditempuh nikson membeli alat berat sangat tepat untuk penghematan biaya tetapi hasilnya sungguh luar biasa,di tiga tahun terakhir masa pemerintahan nikson,tidak ada lagi desa ataupun dusun yang terisolasi seperti torhonas di kec adian koting,soporaru di kec pangaribuan,di garoga,parmonangan dan daerah lainya.Selain mebuka jalan untu desa atau dusun,alat berat juga dipakai membuka lahan pertanian baru,hebat memang nikson patut di lanjutkan untuk periode berikutnya.

“Trims amang nikson nababan,72 tahun indonesia merdeka hanya di pemerintahan bapak kami baru merasakan arti kemerdekaan dan merasakan kehadiran pemerintah’’,ujar Haji Kamsidi Tambunan warga soporaru kec pangaribuan yang jalan kedusunya soporaru sudah dibuka dan sudah bisa dilalui roda empat.

Pertanian

Menjadikan Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan bukanlah sesuatu hal yang berlebihan, hal ini didukung dengan daerah wilayah Tapanuli Utara memiliki lahan-lahan yang produktif, struktur tanah yang subur dan jika lahan ini dikelolah dengan baik dan maksimal, maka hasilnya pun akan jauh lebih baik. Disinilah dituntut sifat kesatria seorang pemimpin untuk benar-benar dapat memahami, menguasai serta memotivasi warga yang dipimpinya untuk bekerja keras dalam pembenahan dan penanaman lahan kosong menjadi lahan yang produktif. Berkaitan dengan agenda kerja sesuai dengan visi dan misi menjadikan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan, tentulah dari sudut pembiayaan sebagaimana yang ditetapkandimana telah menampung di APBD tahun 2015 program tanam padi 1 ha, di tahun 2016 nanti 5 ha dan di tahun 2017 diprogramkan naik jadi 10 ha.

Dari hasil statistik,85% warga tapanuli utara adalah petani,tidak heran kalau nikson nababan memberikan perhatian kusus untuk pertanian,selain itu janji politiknya untuk menjadikan tapanuli utara lumbung pangan.Visioner nikson dalam mengangkat pertanian ditapanuli utara dimulai dengan mengontrol langsung siapa yang pantas di bantu dan mana yang harus digenjot agar hasil bisa dirasakan masyarakat.Penulis sangat berani mengatakan bahwa tahun tahun sebelumnya yang menerima bantuan pertanian adalah kolega penguasa,pemborong,kepala desa dan nyaris tidak pernah petani murni atau kelompok tani dapat bantuan ataupun pelatihan pertanian.Sungguh miris memang dulu program pertanian...ih...kapok.

Sekarang,nikson menambah anggaran pertanian yang cukup dan bantuan provinsi serta pusat untuk diberikan langsung bagi petani melalui kelompok tani yang sudah diverifikasi ulang.Pembukaan jalan pertanian dengan menggunakan alat berat pemda tanpa neko neko, tanpa harus sistem proyek anggaran,hanya berupa operasional semata,namun lahan pertanian kian maju dan terasa.Dengan adanya akses kelahan pertanian,petani malah bisa menambah luas areal pertanianya dgn bantuan traktor,pengangkutan hasil tani semakin gampang. majunya pertanian di tapanuli utara otomatis kehidupan masyarakat terangkat ekonominya,hayo...siapa yang tidak gembira,semua program berjalan dan langsung ke masyarakat.

Hebat memang Nikson,bantuan pertanian sampai ke petani bukan kepada yang non petani,seperti alsintan Combine Harvester (Pengolah lahan dan Pemotong Padi), hand traktor, pompa air,alat pemotong padi,pupuk,bibit pertanian dan penyuluh yang sudah ada di tiap kecamatan dan desa,coba dulu....diserahkan ke pemborong,kan gila....gimana pertanian mau maju.

“Saya salut sama pak bupati Nikson,kelompok tani kami dapat bantuan hand traktor,kalau dulu pak,yang dapat seperti ini di daerah kami,keluarga dewan,kepala desa,pemborong,sekarang sudah berubah sudah sampai ke petani,trims pak nikson”,ungkap tambos p warga kec garoga.

Selain pemberian bantuan pertanian yang tepat sasaran,program pupuk bayar pasca panen sangat membantu para petani di tapanuli utara.Penyaluran pupuk melalui kelompok kelompok tani sangat membantu petani ekonomi lemah,program ini patut dilanjutkan dan bukti bahwa nikson adalah tepat janji dan bisa dipercaya.

Pertanian di tapanuli utara di tangan Nikson tidak hanya di input saja,tidak hanya memberi bantuan alsintan,bibit ataupun penyuluhan tetapi juga hasil akhir (output) agar bernilai ekonomi dan jaminan harga serta petani tidak merugi.Secara bertahap,pemerintah kabupaten tapanuli utara membuka pasar lelang cabe di siborongborong,berikutnya di pasar tarutung dan diprogramkan tahun berikutnya di semua kecamatan,program ini adalah termasuk yang pertama di indonesia .Komoditi hasil pertanian tidak hanya cabe juga sudah ikut komoditi bawang merah,begitulah selanjutnya untuk semua jenis hasil pertanian lainya.Dari pasar lelang ini,pemerintah kabupate tapanuli utara di bawah Nikson,ditargetkan dapat melindungi petani dan konsumen dalam upaya melakukan efisiensi perdagangan untuk menciptakan harga yang wajar. Secara jangka panjang, pasar lelang akan mendorong efisiensi dan stabilitas harga sehingga mengurangi inflasi,wow keren.....Pasar lelang yang diprogramkan Nikson Nababan adalah bukti nyata ingin mensejahterakan para petani,yang juga merupakan  visi- misi menjadikan Taput sebagai lumbung pangan.

"Kami masyarakat petani sangat mengapresiasi dan mengagumi  program Pemkab Taput, terkait berdirinya pasar lelang ini.  Di pasar lelang ini, kami para petani merasa senang  karena harga cabai merah sudah dijamini pemerintah,tentu kami tidak takut lagi bertani karena harga yang anjlok. Inilah baru yang namanya pemerintah peduli kepada masyarakat petani. Dan inilah sejarah baru pertama sekali kepemimpinan di tapanuli utara”,ungkap Sonang Panjaitan petani cabe asal rahutbosi pangaribuan.

Selain Pertanian,sekor perikanan juga tak luput dari perhatian Bupati Taput dalam pencapaian sebagai Lumbung Pangan, dimana pada Kecamatan Tarutung dan Luat Pahae dijadikan sebagai sentra pembudidayaan ikan tawar ,seperti ikan mas,lele jumbo,mujahir dll. Keseriusan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara ditunjukkan dengan telah mencetak puluhan lahan tidur menjadi kolam ikan yang  tersebar di semua kecamatan,hmmmm......peningkatan nyata,tidak omdo alias omong doang.

Kesehatan

Sektor kesehatan adalah salah satu faktor penting untuk terwujudnya janji politik nikson nababan.Berkaca dari pelayanan kesehatan sebelumnya dimana “Yang miskin dilarang sakit”,artinya pelayanan kesehatan hanya bisa dinikmati kaum berduit saja,soal pelayanan gratis yang didengungkan itu hanya ucapan hampa,karena kenyataan di lapangan semua harus bayar.Agar tujuan mulia dan janji politik nikson nababan terwujud,diawal pemerintahannya sebagai bupati,langsung memerintahkan setiap puskesmas harus melayani 24 jam.Kolaborasi dengan adanya program BPJS yang merupakan program pusat memang sudah membantu,tapi bagaimana dengan masyarakat miskin??,tentu tidak sanggup.Bupati tapanuli utara melaui dinas kesehatan terus berupaya meberikan pelayanan yang sifatnya tanggap gratis dengan pemberian Kartu Keluarga Sehat diluar BPJS sebagai jawaban untuk masyarakat miskin.Persalinan gratis yang ditanggung pemerintah di rumah singgah,pengobatan gratis secara bergiliran di berbagai tempat sekaligus bisa mendata situasi kesehatan tiap wilayah,selain itu juga untuk layanan gawat darurat siap siaga selama 24 jam PSC 119.Semua dilayani dengan sigap semangat senyum sapa salam,duh,,,,enaknya yang sakit langsung sembuh.

‘’Trims bupati taput,persalinan istri saya lancar dan bayi sehat,semuanya gratis baik itu transpot”,ungkap doa tambunan saat ditemui bupati nikson nababan di puskesmas pangaribuan juli 2017.Ungkapan tersebut adalah bukti nyata  program nikson sangat membantu dan dirasakan langsung masyarakatnya.

“Semua puskesmas harus melayani 24 jam,mohon kepada semua upt puskesmas kerjasamanya,kasihan rakyat yang sakit,kalau ada informasi tidak melayani orang sakit,mohon maaf,akan ada tindakan”,tegas Nikson pada partangiangan siregar sedunia desember 2014 lalu.

Selain pelayanan kesehatan yang gratis baik itu persalinan ataupun pengobatan lainya,nikson juga ingin memperhatikan  orang tua (Lansia),agar orang tua (lansia) tetap sehat,nikson nababan memerintahkan dinas kesehatan untuk membuat program bagi lansia seluruh desa oleh bidan masing masing  dengan  pemberian makanan tambahan (PMT)  gratis dan senam kesehatan.

Selain lansia,dinas kesehatan taput berkomitmen mebebaskan tapanuli utara dari pasung orang gila, Pasung merupakan cara kuno yang dilakukan masyarakat dalam menangani penderita sakit jiwa.Kasus pasus ini sudah lama sebenarnya terjadi di tapanuli utara...trus dimana perhatian pemerintah sebelumnya???. Nah disitulah perubahan itu,disitulah kehadiran nikson di tapanuli utara,berbeda dengan sebelumnya yang terus pembiaran dan apatis.Bekerjasama dengan dinkes provinsi,dinkes taput targetkan  tapanuli utara bebas pasung,dari data tercatat 236 orang gila di tapanuli utara.Dari 236 orang gila tersebut ada yang dipasung oleh keluarganya ataupun masyarakat yang merasa resah dan ada juga yang bebas berkeliaran.Tahun 2017 ini sudah ada 8 orang yang dibebaskan dari pasung dan sudah hidup berdampingan dengan warga lainya dengan normal,selebihnya masih terus dilakukan pengobatan yang semuanya gratis,hebat memang nikson.

Pariwisata

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah. Usaha memperbesar pendapatan asli daerah, maka program pengembangan dan pendayagunaan sumber daya dan potensi pariwisata daerah diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi. Secara luas Pariwisata dipandang sebagai kegiatan yang mempunyai multi dimensi dari rangkaian suatu proses pembangunan.

Dengan resminya Bandar Udara Internasional Silangit di siborongborong oleh presiden Joko Widodo semakin nyata perwujudan visi misi menjadi tapanuli utara tempat wisata yang menyenangkan.Akses cepat melalui bandara silangit adalah merupakan nilai plus tersendiri bagi tapanuli utara.Harapan bupati dan masyarakat taput dengan adanya bandara internasional,obyek wisata yang ada di tapanuli utara semakin diminati dan ramai dikunjungi wisatawan manca negara maupun wisatawan lokal.

Obyek wisata yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara ada sekitar 20 lebih antara lain Panorama Alam Huta Ginjang, Pantai Muara, Air Soda di Parbubu, Air Panas di Hutabarat, Air Panas di Saitnihuta, Air Panas Ugan, Air Panas Sipoholon, Pacuan Kuda Siborongborong, Sopo Partungkoan, Gua Natumandi, Situs Hindu Hopong, Salib Kasih Siatas Barita, Makam Munson dan Leman, Kantor Pusat HKBP, Seminarium Sipoholon, Tugu Nomensen, Onan Sitahuruk, Gereja Dame, Makam Pendeta Johanes dan Makam Pendeta Johanes Siregar.

Dari 20 tempat wisata ini hanya beberapa tempat saja yang selalu rutin di bersihkan. Menyikapi ini, Bupati nikson membuat program jitunya yaitu Jumat Bersih serta Menggalakkan Budaya Gotong Royong.

“Kalau Jumat bersih ini terus kita galakkan dan laksanakan, pekarangan dan daerah wisata ini akan bersih serta tertata rapi tentu akan memancing wisatawan datang yang nantinya akan menambah pendapatan penduduk sekitar, ini bukan untuk siapa tapi untuk kita semua” ujar Nikson pada saat Jumat bersih bersama Insan Pers.

“Banyak yang belum kita kerjakan. Saya menyadari itu. Saya mengharapkan dukungan masyarakat Bona Pasogit ini supaya terwujudnya cita-cita dan tujuan mulia kita bersama “menjadikan Tapanuli Utara sebagai tempat wisata yang menyenangkan”,tambah nikson.

Dari data yang saya himpun,pariwisata di tapanuli utara sudah mengalami peningktan yang sangat signifikan,pemda taput juga trus melakukan pembenahan pembenahan seperti di salib kasih,huta ginjang dan di tempat wisata lainya.

KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN

Kepemimpinan Bapak Drs.Nikson Nababan Bupati Tapanuli Utara dalam 3 tahun terakhir adalah :

Mampu mengantisipasi tuntutan di masa depan,tidak heran kalau bupati nikson juga aktif di media sosial,artinya dia menerima laporan bawahan dan memantau langsung apa saja yang sangat di harapkan masyarakat dari berbagai kicauan masyarakat media sosial.Coba kalau sebelumnya,informasi teknologi tidak digunakan,hanya laporan bawahan,ih.....kan kita tau “Asal Bapak Senang” ,pemimpin dulu dengan nikson memang berbeda total.Aduh...lupa deh gua sebagai penulis,ada janji nikson untuk dana desa saat kampanye Rp 60 juta per desa,karena saat itu dana desa hanya di kisaran 10jt,hanya untuk buat gorong gorong kecil....heheeee.....Sekarang janji itu direalisasi nikson sampai Rp 180 jt,hebat...3 kali lipat browww.

Nikson memiliki sikap positif dalam setiap kebijakan,berwawasan.Memiliki nilai-nilai karakter bangsa yang patriotisme.Memiliki keterampilan dan keahlian, baik dalam manajement pemerintahan maupun dari infrastruktur diberbagai pembangunan seperti sarana dan prasarana jalan dan gedung sekolah dan bidang kesehatan dan pertanian yang ada di Tapanuli Utara.

Nikson  memiliki dedikasi, jujur,bersih, dipercaya,Inovatif, Tekun dan Ulet dalam pengelolaan dan memajukan SDM yang berkualitas .Ditangannya Kabupaten Tapanuli Utara berturut-turut tiga kali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK perwakilan Sumatera Utara (2014, 2015, 2017), Penghargaan dari Menteri Keuangan atas Keberhasilan Menyusun Laporan Keuangan Tahun 2016 dengan Capaian Standar Tertinggi dan Penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik  ke IV dalam kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2017,hebat memang Nikson.

Nikson memiliki kemampuan untuk memajukan Tapanuli Utara dan mencerdaskan bangsa dari berbagai ketertinggalan menuju perubahan yang siknifikan yang langsung dirasakan masyarakat selama ini.Tidak salah penulis mengatakan Nikson ‘Sang Inovator”,tidak ingin estafet kepemimpinannya monoton atau hanya melanjutkan dari yang lama,dimana taput butuh perbaikan besar dengan butuh dana besar.Nikson melobby pemerintah pusat,kejelian Nikson membawa hasil,APBD Taput naik 70% sejak 2015,luar biasa.Penulis tidak menulis secara rinci berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan Bupati Tapanuli Utara yang menunjukkan hasil yang positif yang dinikmati masyarakat walaupun dengan waktu hanya 3,5 tahun,itulah nikson.

Saran.

Penulis menguraikan beberapa saran sebagaimana tersebut dibawah ini : Dengan berhasilnya membawa bandara silangit menjadi bandara internasional yang bekerjasama dengan pemerintah pusat,Nikson sangat patut dianggap pemimpin yang mampu mengantisipasi tuntutan dimasa depan.

Sebagai bahan informasi bagi seluruh masyarakat yang ada di bonapasogit dan diluar TAPUT bahwa kemajuan kepemimpinan selama dalam 3,5 tahun kepemimpinan Bupati Nikson Nababan mengalami kemajuan yang positif.

Sebagai bahan masukan bagi Pemerintah Tapanuli Utara dalam percepatan pembangunan sesuai dengan Visi dan Misi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Utara.

Sebagai bahan masukan bagi penulis untuk mengetahui kemajuan secara positif dan kendala-kendala yang dialami dalam peningkatan dan pelayanan Pemerintah Tapanuli Utara terhadap masyarakat.

Bagi masyarakat tapanuli utara,harus diakui bahwa bupati Nikson tidaklah sempurna walau berbagai prestasi yang diraihnya untuk meningkatkan kemakmuran bona pasogit yang kita cintai ini,dia manusia biasa,sama seperti kita.Nikson sangat berharap dukungan seluruh masyarakat taput bersama membangun,karena tapanuli utara masih banyak yang mesti harus dibenahi dan dilanjutkan.Baik itu di infrastruktur,kesehatan,pendidikan dan lainya,untuk itu mari kita bersama sama dengan pemerintah taput melanjutkan pembangunan,karena sosok nikson sudah membawa angin segar untuk kemajuan bona pasogit,dan sangat pantas untuk periode berikutnya.Trimakasih.

Selamat Natal 25 Des 2017 dan Tahun Baru 1 jan 2018

Dari : Gompang Gultom (Ka.Biro) dan Wartawan Biro Tapanuli Utara

Penulis : Gompang Gultom
Kategori : Gaya Hidup
Artikel Lainnya
Senin, 10 Juni 2019 21:22 WIB
Cerita Cinta, "Ibu Guruku Cinta Pertamaku".
0 Komentar
Terpopuler
Video
Indeks Berita
www www